Pesona Ceuraceu, Air Terjun Tingkat 7 di Abdya


KABUPATEN Aceh Barat Daya merupakan sebuah kabupaten yang terletak diwilayah pesisir pantai barat selatan provinsi Aceh.

Di daerah ini tepatnya di kecamatan Krueng Batee, terdapat sebuah aliran air terjun yang sangat indah yang tersembunyi di hutan desa Ceurace.

 Air terjun tersebut dikatakan ada tujuh tingkatan yang tingkat terakhir bersumber  dari mata air gunung yang ada di desa tersebut.

Letak air terjun ini tidak terlalu jauh bila di tempuh dari pusat kota Abdya, BlangPidie hanya membutuhkan waktu kira kira hanya 30 menit sampai tiba di desa ceurace.

Namun harus dilanjutkan dengan berjalan kaki ke dalam hutan karena belum ada jalan untuk kendaraan, dan harus melewati sungai dan perkebunan milik warga.

Perjalanan menuju Ceuraceu

Perjalanan menuju Ceuraceu lumayan melelahkan. Namun, bagi yang suka berpetualang, suasana alam saat di perjalanan dan kondisi jalan untuk tiba ke air terjun ini sungguh sangat menantang.

Akan tetapi, perjalanan yang melelahkan tersebut langsung hilang seketika saat suara gemuruh air yang jatuh dari puncak bukit mulai terdengar.

Setelah berjalan kira kira 1 km terlihatlah air terjun tingkat pertama, air terjun ini tidak begitu tinggi, hanya sekitar 3 meter. Namun kita bisa sejenak melepas lelah dengan sekedar mandi atau bersantai. Setelah membasahi badan sebentar, perjalanan bisa dilanjutkan ke tingkat selanjutnya.

Tingkat Selanjutnya

Setelah berjalan 50 meter baru sampai di air terjun tingkat kedua yang lebih tinggi dari yang tingkat pertama, dan terus keatas ke tingkat selanjutnya. Setelah menempuh perjalanan yang cukup panjang akhirnya sampai di air terjun yang paling tinggi di di Ceuarace yaitu tingkat 7.

Bagi yang ingin berkunjung ke tempat wisata tersembunyi di Aceh Barat Daya ini, jangan lupa terlebih dahulu berkoordinasi warga setempat.

Air terjun Ceuraceu ini tidak dibuka untuk umum. Oleh karena itu, untuk menghindari hal-hal yang tidak diharapkan, bagi yang hendak menikmati keindahan air terjun Ceuraceu ini hendaknya meminta izin terlebih dahulu kepada tokoh masyarakat setempat.

Memang lokasi ini baru dikelola dan dibuka menjadi lokasi objek wisata. Namun, di air terjun Ceuraace ino tetap menjalankan syariat bagi yang berpasangan dilarang dan jika tetap ingin ke Ceuraceu, maka harus menggunakan pemandu.

Bagi pencinta traveling, air terjun ini sangat cocok dijadikan sebagai agenda selama liburan. Tempat ini juga tidak kalah bagus dengan objek wisata lainnya. Bagi pencinta fotografi, tempat ini juga tepat dijadikan lokasi objek foto alam. [Ilham Dermawan]
Share on Google Plus

About Teuku Emy Kurniawan

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.