Kuala Raja, Primadona Wisata Kota Juang

 
FOTO: Pantai Kuala Raja Tampak Dari Atas | Wbccity
  
KABUPATEN Bireuen atau lebih dikenal dengan kota Jaung menyimpan banyak cerita, baik itu sejarah, kuliner bahkan tempat wisata sekalipun.

Ketika berada di Kota Bireuen, tak lengkap rasanya jika tidak menyempatkan diri untuk menikmati deretan pantai indah yang tersebar di daerah ini. Sebut saja pantai Kuala Raja.

Pantai ini menjadi salah satu primadona bagi masyarakat setempat maupun wisatawan luar daerah. Saat memasuki kawasan menuju pantai tersebut, pengunjung akan dimanjakan dengan panorama yang menyejukkan mata. Hamparan sawah yang terbentang luas, dihiasi dengan siulan burung yang menyambut para pengunjung yang berdatangan. 

Lokasi Wisata

Pantai indah ini terletak di Desa Kuala Raja, Kecamatan Kuala, Kabupaten Bireuen.

Untuk sampai kesana membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit dari pusat kota yang diberi gelar Kota Juang itu.

Perjalanan yang lumayan melelahkan sekaligus membosankan itu dapat terbayar dengan sajian yang menakjubkan berupa desiran ombak biru nan mempesona, garis pantai yang indah menjadi sebuah fenomena tersendiri yang bisa dinikmati, serta pasir putih kecoklatan yang menyegarkan mata telah mengobati rasa letih dan bosan akibat pekerjaan sehari-hari.

Primadona ini menjadi tempat wisata kaula muda yang tak pernah sepi pengunjung, walaupun begitu adat dan budaya setempat tetap terjaga.

Hanya Rp. 5.000 per orangnya untuk dapat memasuki tempat tersebut, pengunjung dapat leluasa menikmati keindahan yang ada di Pantai Kuala Raja.

Di lokasi tersebut juga tersedia taman bermain anak-anak yang membuat tempat ini cocok untuk liburan keluarga. Juga ada sebuah tanggul dari tumpukan bebatuan yang menjorok ke laut sehingga terlihat seperti sebuah dermaga, sehingga banyak pengunjung yang memanfaatkan tempat ini sebagai pijakan untuk memancing. Adapula yang duduk santai sembari menikmati deburan ombak.

Fasilitas

Pengunjung tak perlu risau mengenai fasilitas yang ada di pantai Kaula Raja itu. Saat hendak menikmati keindahan pantai, perahu karet dan perahu kayu yang disewakan pebisnis lokal menjadi pilihan yang tepat.

Untuk mengisi kekosongan perut, pengunjung tak perlu bingung perihal makanan, pengunjung akan dimanjakan dengan makanan dan minuman halal yang disajikan oleh pedagang sekitar. Juga tersedia tempat istirahat berupa pondok-pondok kokoh yang beratap dedaunan membuat pengunjung bisa bersantai menikmati hembusan angin yang sepoi-sepoi.

Fasilitas yang cukup memadai pun menjadikan Pantai Kuala Raja salah satu objek wisata favorit serta tempat yang cocok untuk berlibur bersama keluarga maupun kerabat.  Toilet umum yang bersih, serta tempat parkir yang luas untuk kendaraan seperti bus dan mobil. Bagi anda yang muslim juga terdapat mushalla untuk beribadah. Sekitar pantai juga tersedia persewaan ban dan pancing bagi wisatawan yang ingin memancing.

Suasana sore di pantai Kuala Raja seakan berubah menjadi lautan manusia,  hembusan angin yang membelai lembut beberapa helai daun kelapa membuat suasana di sore hari terasa hangat, para pengunjung  juga akan disuguhkan dengan keindahan sunset, warna jingga di ufuk barat itu semakin mempesona saat hari semakin senja.

Sungguh Ciptaan Tuhan yang sempurna ini sayang untuk dilewatkan jika tak diabadikan di dalam sebuah foto. Bahkan jika anda mempunyai hobi memotret apalagi tentang landscape, maka tempat wisata ini bisa menjadi pilihan yang tepat. [Arina Rizkina]





Share on Google Plus

About Teuku Emy Kurniawan

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.