Kerang Langka di Pulau Gosong Abdya

Foto Ilustrasi

ACEH Barat Daya atau dikenal juga dengan sebutan Negeri Breuh Sigupai menyimpan banyak tempat destinasi wisata  yang indah. Salah satunya ialah pulau Gosong yang memiliki keindahan bawah laut yang tidak kalah saing dengan keindahan laut Sabang.

Pulau gosong memiliki hamparan pasir putih yang halus, air yang jernih serta ombaknya yang tenang dan di tambah dengan rindangnya pohon cemara.

Di lihat dari penamaan pulau ini, mengapa di namakan pulau gosong. Karena pada mulanya pulau ini hanyalah hamparan pasir gersang tanpa di tumbuhi tanaman satu pun yang tercipta dari hasil hanyutan pasir yang terjadi puluhan tahun yang lalu.

Berbeda jika di lihat dengan keadaan sekarang yang sudah di tumbuhi berbagai tumbuhan.

Lokasi pulau gosong ini berada di bawah kawasan pemerintah kecamatan susoh kabupaten Aceh Barat Daya.

Pulau ini hanya memiliki luas sekitar satu hektar, dan jarak tempuh dari dermaga ujong serangga menuju pulau gosong hanya memakan waktu kurang lebih 20 menit menggunakan boat. Dengan kapasitas boat 15-20 penumpang dan hanya memasang tarif 250 ribu per rombongan untuk pulang-pergi.

Jarak menuju pulau gosong berbeda jika dilihat beberapa tahun silam sebelum terjadinya tsunami 2004, yang jarakanya tidak sampai satu km dari bibir pantai. Namun setelah hantaman tsunamijarak dari bibir pantai menuju kepulau gosong semakin melebar, seperti sekarang ini yang berjarak sekitar 2 mil atau 3,2 Km.

Pulau gosong memiliki pesona bawah laut yang dihiasi dengan keindahan terumbu karang, ikan yang bervariasi serta keindahan lainnya. Bahkan dipulau gosong juga terdapat biota laut yang tergolong langka salah satunya ialah Kima.

keberadaan kima langka yang berukuran sekitar 80 cm pernah di temukan di kedalaman bawah laut pulau gosong. Dan bahkan di pulau ini keberadaan kima yang berukuran kurang lebih 30 cm kerap muncul di sekitar pantai.

Tergolongnya kima sebagai salah satu satwa yg dilindungi karena menurunnya populasi kima di alam bebas, yang disebabkan karena pemanfaatan kima oleh manusia yang dilakukan secara berlebihan tanpa memikirkan dampak yang akan ditimbulkan. Padahal kima sangat berperan penting bagi proses ekologi terumbu karang.

Kima termasuk salah satu satwa langka jenis kerang yang dilindungi di seluruh dunia termasuk di indonesia, dan juga tertera dalam Peraturan Pemerintah No. 7 tahun 1999 yaitu tentang pengawetan jenis tumbuhan dan satwa.

Di pulau gosong jika hendak melakukan snorkling disarankan dilakukan pada pagi hari, karena pada saat pagi hari keadaan airnya cenderung lebih jernih.

Dan pulau ini juga sangat cocok bagi para diving (penyelam), karena terdapat hamparan terumbu karang di alam bawah laut yang luasnya hingga mencapai 125 hektar serta dihiasi berbagai ikan hias. [Rianza Alfandi]


Kerang Langka di Pulau Gosong Abdya Kerang Langka di Pulau Gosong Abdya Reviewed by Teuku Emy Kurniawan on Desember 10, 2017 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.