Jurnal Islam Futura Gelar Workshop Mutu Publikasi Ilmiah

FOTO: Workshop Mutu Publikasi Ilmiah | Wasatha

WASATHA.COM - Jurnal Ilmiah Islam Futura menggelar workshop peningkatan Mutu Publikasi jurnal di Aula Pascasarjana UIN Ar-Raniry, Banda Aceh, Senin (4/12/2017).

Kegiatan Yang dihadiri seratusan peserta itu dibuka oleh Direktur Pascarjana UIN Ar-Raniry, Prof Dr Syahrizal Abbas, MA.

Ketua Panitia workshop Dr Anton Widyanto dalam sambutannya mengatakan, semula acara tersebut diadakan khusus internal UIN Ar-Raniry, namun pertimbangan ingin memberi manfaat bagi peserta lain di luar UIN maka acara dibuka untuk umum.

"Karena jurnal juga harus saling sinergi agar jurnal ilmiah Kita bisa saling mengisi, " katanya.

Anton menjelaskan saat ini Jurnal Ilmiah Islam Futura  terus melalukan  koordinasi dan kerjasama dengan para pengurus jurnal di Aceh.

Sementara itu, Direktur Pascasarjana UIN Ar- Raniry Prof Dr Syahrizal Abbas pada sambutan membuka acara mengatakan ada beberapa hal penting harus diperhatikan terkait jurnal ilmiah.

Menurutnya, salah Satu indikator universitas  adalah adanya jurnal ilmiah terakreditasi.

Jurnal ilmiah menurut Syahrizal Abbas Adalah wahana komunikasi akademi.

"Kalau jurnal gak terakreditasi maka aktivitas akademiknya tidak memenuhi standard. Makin banyak jurnal terakreditasi pada universitas maka semakin tinggi kualifikasi akademik di universitas tersebut," katanya.

Ia juga mengatakan, Salah satu indikator yanf mudah dilihat orang terhadap universitas adalah keberadaan jurnal ilmiah.

Ia juga berpesan, mengelola jurnal yang baik memerlukan keseriusan yang luar biasa dengan pengelola professional yang Harus bekerja penuh untuk jurnal.


Workshop itu menghadirkan narasumber antara lain: Dr. Syamsul Ma'arif (Jurnal Walisongo UIN Walisongo Semarang), Prof Oman Fathurrahman (Studia Islamica UIN Syarif Hidayatullah). []
Jurnal Islam Futura Gelar Workshop Mutu Publikasi Ilmiah Jurnal Islam Futura Gelar Workshop Mutu Publikasi Ilmiah  Reviewed by Teuku Emy Kurniawan on Desember 04, 2017 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.