Ads Header

Breaking News

Engkau Belum Shalat!


WASATHA.COM - Suatu ketika Rasulullah Shalallahu alaihi wassalam berada di Dalam masjid Nabawi, Madinah. Selepas menunaikan berbagai kewajiban, seperti biasa Rasulallah menemui para sahabat untuk memberi pengarahan.

Tiba-tiba seorang pria masuk ke Dalam masjid dan melaksanakan shalat dengan cepat. Ternyata, Nabi melihat dengan seksama Gaya pria itu shalat.

Usai shalat pria itu menghadap Rasulallah dan mengucapkan salam. Lalu Rasulallah berkata kepada pria itu "Sahabatku, engkau tadi belum shalat."

Pria itu kaget mendengar perkataan Rasulallah. Ia kemudian kembali dan mengulang shalat ya. Seperti sebelumnya, dia melaksanakan shalat dengan cepat. Rasulallah tersenyum melihat gaya shalat pria itu.

Kemudian pria itu kembali kepada Rasulallah untuk kedua kalinya. Kemudian Rasulullah berkata, "Ulangi shalatmu, engkau belum shalat wahai Sahabatku" kata Rasulallah.

Pria itu kaget lalu shalat untuk ketiga kalinya, seperti semula. Ia shalat dengan gerakan cepat. Kemudian ia menghadap Rasulallah.

Rasulallah kembali meminta pria itu mengulangi shalatnya. Kemudian pria itu berkata, "Wahai Rasulallah demi Allah Yang telah mengutusmu dengan kebenaran, Aku tidak bisa melaksanakan shalat yang lebih baik lagi, Karena itu ajarilah Aku,!"

Rasulallah kemudian berkata, "Jika engkau berdiri hendak shalat, pertama bertakbirllah. Lalu baca Alquran Yang engkau pandang paling mudah. Selanjutnya ruku'lah dengan tumaninah Lalu bangunlah hingga engkau tegak. Selepas itu bersujudlah dengan tenang. Lalu bangunlah hingga engkau duduk dengan tenang. Lakukanlah seperti itu setiap shalatmu.

Selepas mendapat teguran Rasulallah Shalallahu Alaihi Wa Sallam. Setiap melaksanakan shalat, pria itu mengerjakannya dengan baik, tidak tergesa-gesa, sebagaimana yang diajarkan Rasul. (Sumber bacaan : "Teladan Indah Rasulullah Dalam Ibadah." Penerbit Mizan)