Bukit Lawang, Wisata Alam Alami di Langkat

FOTO: Bukit Lawang | AdventureInYou

WAKTU yang singkat buat liburan, tapi tetap butuh keindahan alam untuk menghilangkan sedikit penat akibat aktifitas sehari-hari. Wisata alam ini menjadi tempat yang tepat  dikunjungi yaitu Bukit Lawang.

Bukit Lawang merupakan tempat wisata alam di Kecamatan Bahorok, Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatera Utara yang terletak 68 km sebelah barat laut Kota Binjai dan sekitar 80 km di sebelah barat laut Kota Medan.

Bukit Lawang berbatasan langsung dengan kawasan Taman Tasional Gunung Leuser serta menjadi tempat konservasi alam dan orangutan. Bukit Lawang merupakan objek wisata di Sumatera Utara yang telah dikenal sampai mancanegara, banyak wisatawan asing yang datang ke Bukit Lawang.

Bagi pengunjung yang ingin melihat primata langka yaitu orangutan, pengunjung harus menyebrangi sungai dibagian hulu sungai. Namun tidak setiap waktu pengunjung bisa melihat orangutan, ada waktu-waktu tertentu untuk mengunjunginya, biasanya pengunjung harus menunggu rombongan yang akan menuju kesana juga.

Selain orangutan yang merupakan primata asli Indonesia sebagai daya tarik wisatawan baik domestik dan mancanegara, hutan-hutan yang asri dan tempat pemandian alami juga menjadi magnet untuk menarik para wisatawan untuk berkunjung.

Tempat yang terkenal dengan arus sungainya yang deras nan jernih dan dingin. Kita dapat merasakan kesegaran air sungai ini dengan berendam sejenak sebelum melanjutkan perjalanan menuju tubing.

Tubing adalah wisata air seperti arung jeram tapi memakai ban dalam yang dapat menantang mental. Ini dia aktivitas pemacu adrenali yang enggak boleh dilewati saat berkunjung ke Bukit Lawang agar dapar merasakan derasnya arus sungai Bahorok.

Menuju ke Lokasi

Untuk menuju tempat wisata alam ini, Anda naik taksi dari Bandara Kualanamu atau dari hotel menuju terminal bus Pinang Baris, dilanjutkan dengan naik bus atau mobil carteran yang berada di simpang sebelum terminal Pinang Baris. Atau dengan kenderaan pribadi dengan waktu tempuh sekitar 2,5 jam dari Kota Medan.

Jika ingin mulai melintasi jeram, kamu harus melakukan trekking membelah hutan terlebih dahulu barulah menceburkan diri ke sungai.

Jangan bingung ya kalau kamu enggak dikasih jaket pelampung karena nyatanya keseruan tubing di Bukit Lawang ya justru ada disitu, terombang-ambing di atas derasnya jeram Sungai Bukit Lawang tanpa menggunakan pelampung sama sekali.

Setelah memuaskan diri bermain tubing pengunjung dapat beristirahat di penginapan yang disediakan di Bukit Lawang tersebut. Disana banyak penginapan yang dapat anda booking, mulai dari yang kelas ekonomi hingga kelas atas.


Penginapan-penginapan tersebut sangat menggoda anda untuk bermalam disana, ada yang dekat dengan keramaian dan ada juga yang jauh dari keramaian, yang pastinya lokasinya berada ditempat yang nyaman. [Farida Hanum]
Bukit Lawang, Wisata Alam Alami di Langkat   Bukit Lawang, Wisata Alam Alami di Langkat Reviewed by Teuku Emy Kurniawan on Desember 09, 2017 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.