Ads Header

Breaking News

Batee Tutong, Panorama Batu Unik di Aceh Jaya


KABUPATEN Aceh Jaya banyak menyimpan destinasi wisata alamnya. Ada juga tempat konservasi gajah yaitu CRU Sampoinet. Selain itu, kabupaten ini juga memiliki wisata unik yaitu Batee Tutong.

Batu unik ini disebut Batee tutong atau sering disebut Panorama Batee Tutong merupakan batu raksasa ditengah laut.

Jarak antara batu dengan daratan berkisar 60-120 km. Kawasan ini tepatnya terletak di Dusun Bate Tutong Desa Panton Makmur, Kecamatan Krueng Sabee, Kabupaten Aceh Jaya.

Jika anda berasal dari kota Calang jarak tempuh menuju destinasi ini sekitar1 km.

Keunikan batu tersebut ialah konon katanya dengan berjalannya waktu batu ini akan bertambah besar, keunikan lain dari batu ini apabila datang musim dingin batu-batu tersebut terpendam dan berubah warna agak kehitaman. Tetapi pada saat musim panas batu tersebut meluap terbakar seperti magma yang memuntahkan lahar gunung berapi, lalu batu-batu itu tergelincir jatuh kedalam air laut. Hal ini terjadi setelah 6 bulan sekali,dan berlaku hingga kini.

Untuk dapat menikmati panorama unik ini kita tidak perlu untuk mengeluarkan biaya, karena tempat ini tidak dipungut biaya alias gratis. Hanya saja kita harus menyiapkan uang untuk menyantap makanan yang tersedia disana.

Panorama bate tutong ini tidak perlu waktu-waktu tertentu untuk menikmatinya, hanya saja saat petang lebih disukai bagi kalian pecinta sunset.

Panorama bate tutong juga menjadi tempat kunjungan favorit bagi semua usia, terlebih bagi para remaja Aceh Jaya yang menghabiskan waktu luang mereka yang habis untuk kegiatan sehari-hari.

Panorama Batee Tutong juga sering dikunjungi oleh masyarakat sekitar untuk menenangkan pikiran mereka dari banyaknya pekerjaan. Disana kita tidak hanya dimanjakan dengan panorama nan indah tersebut, namun kita juga akan  dilayani dengan beberapa menu makanan serta tempat untuk berkaroke.


Nah itulah sejarah singkat dari Panorama Bate Tutong yang patut dimasukkan kedalam list perjalanan atau traveling akhir pekan anda dan keluarga tercinta. [siti nuzul rachmawati]