Perusahaan Turki Produksi Kopi Zaitun Pertama di Dunia

Share:
FOTO : Kopi Zaitun | Anadolu Agency
WASATHA.COM- Sebuah perusahaan pengembangan dan penelitian (Litbang) yang didirikan di kota Edremit, Provinsi Balıkesir, Turki berhasil memproduksi kopi dari zaitun untuk yang pertama di dunia.
Diberitakan Anadolu Agency, Perusahaan litbang di Edremit ini sudah mengolah ekstrak zaitun dan berbagai tanaman untuk bahan baku obat selama 15 tahun terakhir, kini bersiap merilis kopi zaitun.
Faruk Durukan, pemilik perusahaan, mengatakan zaitun hasil produksinya diproses tanpa fermentasi. Kopi zaitun diperoleh menggunakan sedikit panas dan metode-metode alami.
“Kopi dari buah zaitun ini adalah yang pertama di dunia, memiliki rasa yang enak. Selain enak, kopi ini memiliki zat untuk menyembuhkan (penyakit),” kata Durukan
Setelah dipetik dari pohon langsung, Zaitun dipisahkan dari kulit dan bijinya, lalu dikeringkan dan diolah menjadi bubuk. “Ini kita sebut sebagai kopi zaitun,” ujar Durukan.
Durukan mengatakan, kini tinggal menunggu proses hak paten untuk mengeluarkan kopi zaitunnya. Meski belum dirilis ke pasar, sudah banyak permintaan datang, kata dia.
“Perusahaan belum menetapkan harga pasar untuk kopi zaitun ini. Namun jika ada yang ingin mencoba, pintu kami selalu terbuka,” kata dia. []