Erdogan: Gedung Opera Baru Istanbul Akan Dibuka Pada 2019

Gedung opera baru Istanbul akan dibuka pada 2019 | Anadolu Agency
WASATHA.COM – “Gedung opera ikonik di Taksim Square Istanbul akan dibangun kembali dan dibuka pada kuartal pertama tahun 2019,” kata Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, Senin (06/11/2017) di Pusat Kongres Halic.
Erdogan mengatakan bahwa Pusat Kebudayaan Ataturk baru atau yang biasa disebut AKM akan menjadi situs simbolik Istanbul. 
Erdogan mengungkapkan penyesalannya karena terlambat memulai pembangunan gedung opera baru. 
"Turki baru memulai pembangunan hari ini, padahal seharusnya sudah bisa dilakukan sejak 10 tahun lalu," ujar Erdogan seperti yang diberitakan Anadolu Agency.
Pusat Kebudayaan Ataturk yang dirancang sebagai gedung teater dibangun pada 1946 oleh arsitek Prancis Auguste Perret. 
Gedung tersebut rusak berat karena dilalap api saat pertunjukan pada 1970. Tahun 1977, gedung itu kembali dibuka. Tahun 1993, Turki mendaftarkan AKM sebagai "kawasan lindung kota". Enam tahun kemudian, kawasan tersebut dinyatakan sebagai situs budaya yang dilindungi.
Tahun 2007, laporan Universitas Sakarya Turki menyatakan bahwa bangunan tersebut memerlukan renovasi. 
Rencana konstruksi terpaksa dibatalkan karena keputusan pengadilan Turki. Tender untuk rekonstruksi yang dikeluarkan oleh Kementerian Kebudayaan dihentikan pada 2013. []

Erdogan: Gedung Opera Baru Istanbul Akan Dibuka Pada 2019 Erdogan: Gedung Opera Baru Istanbul Akan Dibuka Pada 2019 Reviewed by Teuku Emy Kurniawan on November 07, 2017 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.