Minyak Zaitun Seharga Rp 81 Juta Terjual di Turki

Share:
[FOTO : Minyak Zaitun | Anadolu Agency]
WASATHA.COM – Setengah liter minyak zaitun terjual seharga 22 ribu lira atau sekitar Rp81 juta dalam pelelangan yang diadakan oleh pemerintah daerah setempat. Minyak zaitun ini diperoleh dari pohon yang berusia 1800 tahun.
Pohon tua itu terletak di di kota antik Teos yang terletak di kota Seferihisar di provinsi Izmir.
Terdapat lebih dari 200 pohon yang berumur lebih dari 500 tahun di kawasan tersebut. Buah Zaitun dari pohon-pohon tua tersebut dikumpulkan dan diolah dengan metode tradisional.
Menurut pernyataan tertulis dari pemerintah daerah Seferihisar, sebanyak 137 liter minyak zaitun yang dilelangkan berhasil terjual dengan total 49,2 ribu lira atau sekitar 181 juta rupiah, demikian yang dilansir Anadolu Agency.
Angka ini juga termasuk setengah liter minyak zaitun yang diperoleh dari pohon yang berumur 1800 tahun yang terjual kepada Syah Tugrul seharga 22 ribu lira atau sekitar 81 juta Rupiah.
Dalam pernyataan yang sama Walikota Seferihisar Tunc Soyer mengatakan, mereka mendukung proyek yang menekankan berharganya zaitun dan menyadarkan lingkungan akan pentingnya pohon-pohon tersebut. []