Ads Header

Breaking News

Pasangan Ini Menikah dengan Mahar “Ikrar Pancasila”

FOTO: RAHMI/MIRAJNEWS.COM

WASATHA.COM  - Nikah unik yang diadakan oleh Forum Taaruf Indonesia (Fortais) dalam rangka ulang tahunnya ke-6, menjadi pusat perhatian dengan menjadikan ikrar Pancasila sebagai mahar ijab qabul.
“Jadi para peserta nikah bareng sebelum ijab qabul wajib membacakan lima sila dari Pancasila sampai benar (tidak ada kesalahan, -red), baru selesai itu dilaksanakan ijab qabul,” kata Ryan seperti diberitakan Mi’raj News Agency Selasa (26/9).
Ryan menjelaskan penyelenggaraan acara Nikah Bareng Pancasila Sakti bertujuan guna mewujudkan pasangan sakinah sejahtera membawa keberkahan untuk Indonesia sesuai dengan tata kehidupan dan penghidupan masyarakat ber-Pancasila yang dilandasi cinta Illahi dan NKRI.
Tidak hanya itu, keunikan nikah yang diikuti delapan calon pasang pengantin itu, ijab qabulnya dilaksanakan di atas mobil pemadam kebakaran (damkar).
“Iya, jadi para pengantin, wali, saksi dan penghulunya melaksanakan ijab qabul di atas mobil damkar,” ujar Ryan.
Acara yang mengambil tema Menyatukan Hati untuk Illahi dan NKRI itu memiliki rangkaian kegiatan dari Kirab Pancasila Sakti, Kenduri Ingkung Jawa.
Pasangan calon pengantin dari DIY menggunakan busana pengantin lengkap dari berbagai daerah sebagai simbol Bhineka Tunggal Ika. Prosesi ijab qabul ini dipimpin Kepala KUA Danurejan Kota Yogyakarta.
“Para manten ini sebelumnya dikursus manten terlebih dahulu dengan materi kebangsaan dan Pancasila selain manajemen rumah tangga, kesehatan dan agama,” jelasnya.