Lakukan Ini! Agar Ilmu yang Telah Dipelajari tidak Lupa

Share:
Foto : Google
“Jika engkau ingin dunia, raihlah dengan ilmu.
Jika engkau ingin akhirat raihlah dengan ilmu.
Jika engkau ingin meraih keduanya, raihlah dengan ilmu”
               
BEGITULAH Dahsyatnya ilmu, bagi Manusia yang mau memanfaatkan akal pikirannya kejalan yang benar, mereka akan merasakan kemudahan hidup, mendapatkan kemudahan menuju surganya Allah serta diangkat derajatnya seperti yang ditegaskan dalam surat (Al Mujadilah : 11),  bahwa Allah akan angkat derajat orang yang beriman dan berilmu.

Namun sangat disayangkan sekali, banyak para penuntut ilmu yang sudah bersusah payah mencari ilmu justru ilmu itu dengan mudah  melupakannya,  maka dalam tulisan ini akan membahas apa yang akan kamu lakukan agar tidak lupa ilmu yang telah dipelajari.

Baca : “FlappyAttack Crush” Game Buatan Anak Gaza

Ilmu itu ibaratkan pisau semakin sering digunakan akan semakin tajam, oleh karena itu perlu diasah agar pisau semakin tajam. Begitu halnya  dalam menjaga ilmu agar ilmu tersebut tidak melupakan para penuntutnya, haruslah mengamalkan apa yang dihafal, hal ini berdasarkan firman Allah artinya :

“Orang-orang yang mengamalkan petunjuk Allah, Allah menambah petunjuk bagi mereka dan Allah memberikan ketakwaan kepada mereka” (Muhammad : 17).

Dengan mengamalkan ilmu yang telah diketauinya, maka Allah akan menambahkan kepadanya hafalan dan pemahaman yang belum mereka ketaui. Hal ini dijelaskan dalam surat (An-Nisa : 66) “dan sesungguhnya jika mereka mengamalkan pelajaran yang diberikan kepada mereka, tentulah hal yang demikian itu lebih baik bagi mereka dan lebih menguatkan iman mereka”.

Baca : Tips MenjadiWanita Sholeha Idaman Suami

Jika  penuntut ilmu  telah mengamalkan ilmunya kepada orang lain, namun masih  saja hafalannya jelek bahkan melupakannya bisa jadi disebabkan karena sikap dan perbuatan penuntut ilmu tersebut yang masih diragukan, seperti yang diriwayatkan ucapan asy-syafi”i, ketauilah bahwa sesungguhnya, ilmu adalah cahaya dan cahaya Allah tidak diberikan kepada orang yang bermaksiat.”[Inda Silviana]/Dhi