Merantaulah Sebelum Menyesal

Foto: Wasatha/ M.Fadhil

SESEORANG jika ingin mendapatkan ilmu maka ia harus keluar dari rumahnya dan mencari ilmu. Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda :
“Barangsiapa yang menginginkan kehidupan dunia, maka ia harus memiliki ilmu, dan barang siapa yang menginginkan kehidupan akhirat maka itupun harus dengan ilmu, dan barang siapa yang menginginkan keduanya maka itupun harus dengan ilmu.” (HR. Thabrani)
Memang benar perkataan orang tua terdahulu, hendaknya kita merantau supaya kita tahu makna penting keluarga, ketika jauh dari keluarga maka kita tahu betapa mereka sangat menyayangi kita dan kita juga menyayangi mereka terutama orang tua kita.
Dengan merantau dapat membuat kita paham bagaimana makna hidup dan kerasnya hidup yang sesungguhnya. Terutama di rantau yang jauh dengan jangkauan  keluarga. 

Para ulama juga menganjurkan agar seseorang merantau, keluar dari kampung dan negerinya. Lebih-lebih untuk menuntut ilmu dan mencari pengalaman hidup.

Seperti yang diceritakan oleh seorang ulama yang terkenal dengan kecerdasanya, Imam Asy-Syafi’i mengatakan Orang berilmu dan beradab tidak diam beristirahat di kampung halaman Tinggalkan negerimu dan hidup asing  (di negeri orang).

Imam Ahmad bin Hambal rahimahullah bercerita sendiri, “Aku mengembara mencari hadist dan sunnah ke Tsughur, wilayah Syam, Sawahil, Maroko, Al-Jazair, Makkah, Madinah, Iraq, Wilayah Hawran, Persia, Khurasan, gunung-gunung dan penghujung dunia.”

Jangan jadikan merantau itu sebagai cara untuk menghilangkan rasa malu dikampung halaman karena tidak bisa berbuat apa-apa, akan tetapi jadikan merantau itu sebagai modal awal keberanian kita untuk menjadi orang yang sukses kelak.

Dalam merantau, tuntutlah ilmu sebanyak-banyaknya jangan pedulikan cacian dari orang sekelilingmu. Tapi, buktikan bahwa mereka akan mengubah sendirinya cacian tersebut dengan tepuk tangan untuk keberhasilan kita.

Bagaimana dengan kita? Menghadiri majelis ilmu di kampung saja masih enggan? Oleh karena itu, Merantaulah selagi muda, sebelum penyesalan itu datang. [Tek]

Baca Juga 

Adakah Konsep ‘Take and Give’ Dalam Islam?


Apa Muslimah Tahu? Hijab Sebagai Identitasnya

Merantaulah Sebelum Menyesal Merantaulah Sebelum Menyesal Reviewed by Teuku Emy Kurniawan on August 07, 2017 Rating: 5
Powered by Blogger.