Iklan

Iklan

Mahasiswa KKN Unsyiah Lakukan Pemeriksaan Kesehatan

8/02/17, 16:31 WIB Last Updated 2017-08-02T09:31:37Z


WASATHA.COM – Mahasiswa Universitas Syiah Kuala (UNSYIAH) yang sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) melakukan penyuluhan pemeriksaan Kesehatan kepada masyarakat dari rumah kerumah, Selasa (01/8/2017) di desa Sintep, Kecamatan Bintang, Aceh Tengah.

Kegiatan ini merupakan salah satu dari program kerja mahasiswa KKN Unsyiah yang mengabdi di kalangan masyarakat. Serangkaian kegiatan ini dimulai sejak pukul 09.00 WIB hingga pukul 11.40 WIB dan kemudian dilanjutkan lagi pukul 14.00 WIB sampai pukul 16.00 WIB.

Program ini dilaksanankan berdasarkan survey lapangan yang telah dilakukan sebelumnya yang didapatkan data bahwa kurangnya sosialisasi dan pemeriksaan kesehatan di desa tersebu. Sehingga banyaknya masyarakat yang semakin tidak peduli terhadap kesehatan.

Seharusnya kesehatan merupakan poin penting yang harus diselamatkan. Namun hal tersebut menjadi sesuatu yang sangat terabaikan bagi masyarakat sekitar.

Berdasarkan data yang didapat hari ini bahwa  30% masyarakat di Desa Sintep yang menderita asam urat, 30% menderita hipertensi dan 30% kolestrol dan 10% penyakit-penyakit lainnya seperti lambung dan hepatitis B.

Selama pemeriksaan yang dilakukan oleh mahasiswa, antusias masyarakat begitu tinggi. Mereka sangat apresiasi dengan diadakannya pemeriksaan kesehatan gratis seperti ini.

Juardi, salah satu warga Sintep yang diperiksa secara lengkap seperti tekanan darah, kolestrol, asam urat dan gula darah. setelah dilakukan pemeriksaan tersebut didapatkan hasil  tekanan darah 140/80 mmHg, asam urat 10,4 mg/dl, gula darah 120 mg/dl dan kolestrol 266 mg/dl.


Survey juga membuktikan bahwa masih banyak masyarakat yang belum pernah sekalipun melakukan pemeriksaan kesehatan tersebut. Harapannya dengan diadakannya pemeriksaan kesehatan ini, masyarakat semakin peduli terhadap kesehatan dan dapat meminimalisir tingkat penyakit-penyakit tersebut. *Tek
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Mahasiswa KKN Unsyiah Lakukan Pemeriksaan Kesehatan

Terkini

Topik Populer

Iklan