Komunitas TUTA Aceh Gelar Aksi Kemerdekaan

Foto : Wasatha | Ulfa

WASATHA.COM - Dalam rangka memeriahkan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-72, komunitas Turun Tangan (TUTA) Aceh menggelar aksi kemerdekaan di SDN Rumpet, Desa Rumpet, Kecamatan Krueng Barona Jaya, Aceh Besar, Sabtu (19/08/2017).

Kegiatan aksi tersebut mengusung tema “Mengabdi Untuk Negeri, Berkarya Tanpa Jeda Untuk Indonesia”.

Komunitas yang dibentuk oleh Anies Baswedan ini kerap kali mengadakan kegiatan dihari-hari besar nasional, yang mengarah ke pendidikan, sosial dan juga lingkungan. Untuk tahun lalu komunitas ini merayakan 17-an di SD Monsinget, Kaju, Aceh Besar.

Emier M. Almahdi, selaku koordinator Turun Tangan Aceh mengatakan bahwa SDN Rumpet merupakan salah satu sekolah yang pernah menjadi tempat diselenggarakannya kegiatan Turun Tangan Mengajar 2 dan Turun Tangan Menyala.

“Namun silaturrahmi yang menjadi alasan lain mengapa seluruh relawan sepakat memilih SDN ini sebagai tempat untuk memeriahkan Hari Kemerdekaan Indonesia tahun ini,” kata Emier.

Kegiatan ini berlangsung pukul 09.00 WIB dengan sesi formal (ceremoni), kemudian dilanjutkan dengan penampilan operet atau drama yang diperankan langsung oleh beberapa relawan TUTA, yang mengisahkan tentang awal perjuangan kemerdekaaan Indonesia dan kaitannya dengan negara Palestina.

“Tujuan kami membuat drama tentang perjuangan ini agar siswa dan siswi bisa mengetahui bagaimana proses awal perjuangan kemerdekaan Indonesia, dan tadi ada juga disinggung tentang Palestina, mereka merupakan negara pelopor atau negara pertama yang mengakui kemerdekaan Indonesia, jadi sudah sepantasnya masyarakat Indonesia ikut serta dalam membantu dan mendoakan palestina yang sekarang sedang dilanda peperangan oleh Israel,” ujar Muhajir, selaku Ketua Panitia.

Sementara itu, para relawan sudah menyiapkan beberapa lomba khas kemerdekaan untuk siswa dan siswi di SDN tersebut, seperti lomba balap karung, tarik tambang, dan lomba makan kerupuk.

Salah seorang siswa juga merasakan hal yang senang karena didatangi oleh tim relawan tersebut.

“Kami sangat senang abang dan kakak relawan bisa hadir kesini lagi, dan lomba tadi sangat seru, walaupun cuacanya panas,” ujar Ikram, salah satu siswa SDN Rumpet.


Diakhir acara, dilakukan sesi makan bersama oleh seluruh relawan TUTA di pekarangan sekolah. [Ulfa Mudhia]
Komunitas TUTA Aceh Gelar Aksi Kemerdekaan Komunitas TUTA Aceh Gelar Aksi Kemerdekaan Reviewed by Teuku Emy Kurniawan on Agustus 19, 2017 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.