Jauhkan Sifat Kepiting Dalam Diri Kita



SETIAP pribadi kita pasti pernah mengalami marah, tapi apakah kita pernah berpikir dengan marah itu dapat menyelesaikan suatu permasalahan? Apakah ada manfaat setelah kita marah?

Kemarahan yang kita lakukan seringkali tidak memberi hasil yang efektif, selain “Rasa Puas Sesaat” bagi yang menjalankannya, dan “Rasa Penyesalan Berkepanjangan” yang terjadi kemudian.

Mungkin banyak yang tahu wujud kepiting, tapi tidak banyak yang tahu sifat kepiting. Semoga kita tidak memiliki sifat kepiting yang pemarah.

Seekor kepiting, apabila kita ingin memancingnya kita senggol-senggol pancingan kearah badannya, Karena marah kepiting akan menjepit tali pemberat tersebut dengan sangat kencang. Lalu bagaimana kita melepaskan capitannya itu dari tali? Cukup kita masukkan kepitingnya ke dalam air Panas, kepiting tersebut akan melepaskannya.

Tapi apakah kita tau maksud dari cerita tersebut? Kepiting itu mudah ditangkap Karena dia selalu marah & tersinggung saat digoda.

Kita sering kali marah tidak dengan bijaksana. Justru kebanyakan marah secara brutal ataupun sekedar melampiaskan emosi. Hal tersebut tidak akan menyelesaikan masalah, malah justru memperbesar masalah.

Sebagaimana dalam Firman-Nya, Allah SWT memuji Umatnya yang mampu menahan amarahnya :

Orang-orang yang bertakwa adalah mereka yang menafkahkan (harta mereka) baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya serta memaafkan (kesalahan) orang lain. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan” (QS Ali ‘Imran:134).

Mengelola marah dipandang perlu agar tidak bertindak destruktif dan merugikan semua pihak.


Tips sederhana yang diperoleh dari berbagai sumber sebagai berikut: sebelum marah tariklah napas yang panjang, coba sabar beberapa detik, tenangkan diri, diam sejenak, fokus pada diri sendiri, hilangkan dendam, coba bercanda, relaksasi, meditasi, berpikir sebelum bicara, curhat. [Teuku]
Jauhkan Sifat Kepiting Dalam Diri Kita Jauhkan Sifat Kepiting Dalam Diri Kita Reviewed by Teuku Emy Kurniawan on Agustus 13, 2017 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.