Empat Keutamaan Melaksanakan Kurban

Share:


SELAIN melaksanakan Rukun Islam yang kelima yaitu melaksanakan Ibadah Haji ke Baitullah, pada bulan Dzulhijjah merupakan salah satu bulan suci bagi umat muslim dimana pun mereka berada.  Bahwa pada bulan tersebut mereka diperintahkan untuk berqurban yaitu melakukan penyembelihan hewan qurban yang disyariatkan dalam hukum Islam seperti kambing, sapi, kerbau, onta, dan lainnya.

Sebagaimana yang telah ditegaskan dalam Al-Quran,  Allah SWT berfirman dalam Surah Al-Kautsar :

“Sungguh, kami telah memberimu (Muhammad) nikmat yang banyak, Maka laksanakalah sholat karena Tuhanmu, dan berkurbanlah (sebagai ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah),” [Q.S Al Kautsar: Ayat 1-2]

Seperti yang kita keta bersama, Berkurban pada hakikatnya adalah tidak hanya sekadar menyembeli hewan kurban tidak sekadarmengalirkan darah hewan kurban. Namun, lebih dari itu, berkurban berarti sebuah ibadah seorang hamba untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT dan  bersikap untuk menghindar dari hal yang dilarang- Nya.

Kembali merajuk kepada kisah anak Nabi Adam A.S yaitu Habil dan Qabil, dalam Al -qur’an diceritakan bahwa :

“ Dan Ceritakanlah(Muhammad) kepada mereka kisah kedua putera Adam (Habil dan Qabil) menurut yang sebenarnya, ketika keduanya mempersembahkan kurban, maka diterima dari salah seorang dari mereka berdua (Habil) dan tidak diterima dari yang lain (Qabil). Ia berkata (Qabil): "Aku pasti membunuhmu!". Berkata Habil: "Sesungguhnya Allah hanya menerima (kurban) dari orang-orang yang bertakwa". [Al Maaidah: 27].

Apakah kita ketahui? Bahwasanya ada banyak hikmah yang kita peroleh dari berkurban, antara lain:

Pertama, Sebagai saksi amal dihadapan Allah.

Karena setiap helai bulu binatang yang kita kurbankann itu akan dibalas dengan suatu kebaikan. Rasulullah pernah bersabda :

Setiap satu helai rambut hewan kurban adalah satu kebaikan." Lalu, sahabat bertanya, "Kalau bulubulunya?" Beliau menjawab, "Setiap helai bulunya juga satu kebaikan.” [HR Ahmad dan Ibnu Majah].

Oleh karena itu, Janganlah kita takut untuk berkurban, karena disetiap yang kita kurbankan itu akan kita peroleh balasan kenikmatkan yang sangat luar biasa.

Kedua, Dengan berkurban menjadi salah satu pintu untuk mendekatkan diri dengan sang Pencipta.

Ketiga, Merupakan ajaran dari Nabi Ibrahim A.S

Dengan berkurban kita juga mengisahkan ajaran Nabi Ibrahim A.S yang ketika itu Allah memberikan perintah kepada Nabi Ibrahim untuk menyembelih puta tercintanya yaitu Nabi Ismail A.S.

Keempat, Berkurban merupakan ibadah yang paling disukai Allah SWT.

Rasululah SAW bersabda : “Tidak ada amalan anak cucu Adam pada hari raya qurban yang lebih disukai Allah melebihi dari mengucurkan darah (menyembelih hewan qurban), sesungguhnya pada hari kiamat nanti hewan-hewan tersebut akan datang lengkap dengan tanduk-tanduknya, kuku-kukunya, dan bulu- bulunya. Sesungguhnya darahnya akan sampai kepada Allah –sebagai qurban– di manapun hewan itu disembelih sebelum darahnya sampai ke tanah, maka ikhlaskanlah menyembelihnya.” (HR. Ibn Majah dan Tirmidzi).


Semoga dengan berkurban kita mendapatkan kenikmatan yang diberikan Allah SWT kepada hamba-Nya, Aminn.