Ads Header

Breaking News

Besok Shalat Idul Adha, Masih Bingung? Berikut Tata Cara Shalatnya

Foto : Google
BESOK tanggal 10 Zulhijah 1438 Hijriah atau bertepatan pada pagi hari tanggal 1 September 2017, semua umat muslim yang ada di dunia serentak melaknakan shalat Idul Adha, sebelum kita melaksanakan dan bergegas ke Rumah Allah (mesjid), kita dianjurkan mandi sunah hari raya, kemudian berangkatnya menuju masjid dengan memperbanyak ucapan takbir.

Saat tiba di mesjid, sebelum duduk, laksanakanlah shalat tahiyatul masjid dua rakaat, lalu duduklah dengan ikut mengulang-ulang bacaan takbir sampai shalat ied dimulai.

Lafal niat shalat Idul Adha adalah, “Ushalli sunnatal-li’iidil-adha rak’ataini Lillahi ta’aala.“ Artinya, “Aku niat shalat sunah Idul Adha dua rakaat karena Allah SWT.”

Pada rakaat pertama, sesudah niat, mula-mula membaca takbiratul ihram kemudian membaca doa iftitah, selanjutnya takbir 7 kali dan setiap selesai takbir disunahkan membaca, “Subhaanallahi wal-hamdu Lillaah wa laa ilaaha illallahu wallahu akbar.” Artinya, “Maha Suci Allah SWT, dan segala puji bagi Allah SWT, tiada Tuhan melainkan Allah SWT, dan Allah SWT Maha Besar.”

Setelah takbir 7 kali dan membaca tasbih tersebut bacalah surah Al-Fatihah dan disambung dengan surah yang disukai dan yang lebih utama membaca surah Qaf atau surat Al-A’la (Sabbihisma Rabbikal-a’laa).

Pada rakaat kedua, saat berdiri untuk rakaat kedua bacalah takbir 5 kali (tidak termasuk takbir ketiga berdiri dari sujud), dan setiap takbir disunahkan membaca tasbih seperti pada rakaat pertama. Kemudian bacalah surah Al-Fatihah dan diteruskan dengan bacaan surat yang kita kehendaki, tetapi lebih utama membaca surat Al-Ghasyiah.

Bacalah dengan suara yang nyaring, Imam menyaringkan yakni mengeraskan suaranya pada waktu membaca surat Al-Fatihah dan surat-surat lainnya.

Shalat ini dikerjakan dua rakaat dan dilakukan seperti shalat lainnya. Setelah shalat ied dilaksanakan, lalu dilanjutkan dengan dua khutbah hari raya.

Mari kita memasang niat yang baik, bersihkan hati dari kesalahan masa lalu, minta maaflah jika merasa berbuat salah, insyaalah, semoga Allah meridoi kita semua.[Dhiya]