Kawan Anda Berbohong? Ini Empat Cara Mendeteksinya


Ilustrasi

BOHONG adalah jenis penipuan dalam bentuk pernyataan yang tidak benar, terutama dengan maksud untuk menipu orang lain.

Seringkali berbohong dilakukan dengan niat lebih lanjut untuk menjaga rahasia atau reputasi, perasaan melindungi seseorang atau untuk menghindari hukuman atau tolakan untuk satu tindakan.
        
Seperti yang diriwayatkan oleh bukhari Dari abdullah bin Amr bin Al-Ash RadhiyaAllahu 'Anhu, Ia berkata : “sesungguhnya Nabi SAW bersabda,”ada empat perkara barang siapa yang empat perkara itu ada padanya maka ia adalah orang munafiq yang sebenarnya,dan barang siapa ada padanya satu bagian dari yang empat perkara itu berarti ada padanya satu bagin dari kemunafiqan sehingga ia meninggalkannya,yaitu Apabila diberi amanat ia berhianat. Apabila berbicara ia berdusta. Apabila berjanji ia menyelisihi dan Apabila bertengkar ia curang”. (HR.Bukhari.Muslim,Abu Daud.Tirmidzi dan Nasai,Dalam Taqhib wat Tarhib juz 3,hal.593.

Allah Subhanahu Wata'ala juga berfirman dalam Al-Quran:“hai orang-orang yang beriman,bertaqwalah kamu kepada allah dan katakanlah perkataan yang benar,niscaya allah memperbaiki bagimu amalan-amalanmu dan mengampuni bagimu dosa-dosamu,dan barang siapa mentaati allah dan rasulnya,maka sesungguhnya ia telah mendapat kemenangan yang agung.” (QS.Al-Ahzab :70-71).

Dari hadist dan ayat tersebut kita ketahui bahwa Allah SWT sangat membenci orang-orang yang berbohong, bahkan masih terdapat di surah-surah lainnya yang menyebutan akan laknat allah terhadap orang-orang yang berbohong.

Berikut Cara Mendeteksi Kebohongan Seseorang :

Pertama, Tatapan mata. Jika pandangan mata seseorang terlalu konstan (menatap lurus atau berfikir) baik saat mendengarkan atau berbicara untuk mencoba mendapat kepercayaan,itu pertanda dia sedang tidak jujur.

Kedua, Perilaku tidak konsisten. Jika biasanya orang yang pendiam,dan tiba-tiba menjadi lebih dinamis (cerewet) atau sebaliknya,ini menunjukkan pertanda ada yang disembunyikan.

Ketiga, Isyarat tubuh. Mendeteksi kebohongan bisa dengan isyarat tubuh seperti Batuk,berdehem,atau isyarat lain dengan menutup mulut dapat menunjukkan bahwa seseorang sedang mencoba untuk menyembunyikan sesuatu,bahu yang turun atau pose yang membungkuk merupakan tanda seseorang tidak jujur dan ada yang dia sembunyikan.

Keempat, Mimik Wajah. Tersenyum cepat, mata yang berbinar, pipi dan alis akan terangkat seiring lengkungan disudut bibir,senyum palsu biasanya berlangsung beberapa detik dan kemudian hilang dan ekpresi wajah nya kembali seperti semula.


Itulah beberapa tips cara mendeteksi kebohongan yang dapat anda lakukan untuk mengetahui apakah seseorang berbohong atau jujur terhadap anda. [Amrul Halim]/Tek


Baca Juga:

Ini Alasan! Budaya Hidup Instan Harus Anda Hilangkan

Kawan Anda Berbohong? Ini Empat Cara Mendeteksinya Kawan Anda Berbohong? Ini Empat Cara Mendeteksinya Reviewed by WASATHA on Mei 24, 2017 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.