Selain Gurih, Ini Manfaat Rempeyek Bagi Kesehatan

Foto : Google
INDONESIA dengan budaya masyarakatnya yang heterogen nyatanya juga mempunyai keragaman kuliner yang banyak variasinya memang masakan indonesia telah lama di kenal oleh masyarakat dunia karna kaya akan cita rasa dari berbagai bumbu serta rempah rempah yang di gunakan salah satunya yaitu rempeyek .

Rempeyek atau sering di sebut peyek merupakan makanan khas jawa khususnya jogja.keberadaan peyek kacang tanah ini telah berabad-abad berada di jogja tidak heran apabila tingkat komsumsivdan perkembangan nya rempeyek di jawa lumayan pesat.

Di Indonesia rempeyek menjadi salah satu makanan pelengkap atau teman makan yang berkuah atau pun kering seperti gado-gado , pecel, soto, mie kuah ayam, dan nasi goreng. namun banyak sebagian orang  mengkomsumsi rempeyek sebagai makanan cemilan pengganti dari kerupuk, apalbila di bandingkan dengan kerupuk rempeyek agak sedikit mahal harganya karena bahan yang di gunakan bermacam-macam variasi mulai dari tepung terigu, santan dan telur.

Kita lihat di masyarakat Aceh, rempeyek biasanya di buat sebagai pengganti kerupuk saat ada acara kenduri bahkan saat menjelang sehari sebelum puasa atau biasa di sebut  hari megang ibu-ibu rumah tangga.
Rempeyek menjadi cemilan yang biasa di santap dengan sup bahkan saat hari raya Idul Fitri sebagai jajanan, rempeyek ini sudah tidak asing lagi kita jumpai di tiap tiap rumah .

Ada banyak mamfaat bagi kesehatan yang terdapat pada rempeyek kacang tanah, khususnya pada kacang tanah terdapat kaya akan protein yang tinggi dan lemak baik dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung dengan cara menurunkan kolestrol jahat LDL dalam tubuh kandungan resveratrol.

Selain itu, kacang tanah juga kaya akan VIT E yang melimpah untuk kelancaran fungsi tubuh, kalsium dan Vit D yang membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi dalam jangka panjang serta dapat mencegah serangan osteoporosis.

Meski kacang tanah mempunyai banyak mamfaat bagi kesehatan untuk sebagian orang yang mengalami penyakit kanker payudara dan masalah jerawat, sebaiknya tidak mengkomsumsi kacang tanah dan bisa juga mengganti kacang tanah dengan yang lainnya.


Atau jika bosan dengan rempeyek kacang tanah, bisa juga anda mencoba rempeyek tri, rempeyek ebi ada bentuk lain, seperti rempeyek daun bayam. Rempeyek daun bayam dapat memberi cita rasa tersendiri pada makanan ini dan menjadi variasi baru yang sehat buat anak-anak yang terkadang susah ketika diajak mengonsumsi sayuran.[Ita Warni]/Dhi


Baca Juga :

Mie Razali Langganan Pejabat, Termasuk Jokowi

Selain Gurih, Ini Manfaat Rempeyek Bagi Kesehatan Selain Gurih, Ini Manfaat Rempeyek Bagi Kesehatan Reviewed by Dhiya Urahman on Mei 25, 2017 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.