Ads Header

Breaking News

Ternyata Mesjid Tuha Indrapuri Bekas Pura

Foto: Wasatha.com/Jabar

MESJID Tuha Indrapuri merupakan salah satu mesjid kuno yang telah berdiri selama ratusan tahun. Mesjid ini berada di kecamatan Indrapuri, Aceh Besar. Yang  menarik dari mesjid ini adalah arsitektur nya yang mirip sebuah benteng kerajaan yang memiliki tingkatan tingkatan. 

Dulunya tempat berdiri mesjid ini merupakan bekas sebuah Pura. Yang dibangun pada masa kerajaan Hindu Lamuri. Yang kemudian dihancurkan pada islam sudah berjaya di tanah Rencong . Lalu dibangunlah sebuah mesjid yang diberi nama mesjid Indrapuri. 

Mesjid Tuha ini dibangun oleh sultan iskandar muda pada tahun 1618. Karena sejarah yang luar biasa mesjid ini banyak dikunjungi oleh para peneliti sejarah dan juga wisatawan untuk melihat keunikan mesjid dengan gaya bangunan zaman dahulu. 

Bangunan tua yang berbentuk seperti benteng itu terdiri atas tiga tingkatan yang berpondasi batu berbahan seperti kapur dan tanah liat.  Dan ditingkatan yang paling atas terdapat sebuah Masjid yang merupakan bangunan utamanya.

Didepan pintu utama terdapat sebuah kolam kecil yang dipakai untuk mencuci kaki. 

Pengurus mesjid tuha Indrapuri Muhammad Nur, mengatakan kepada wasatha.com mesjid ini merupakan cagar budaya yang dilindungi. Dia juga mengatakan masjid pada awalnya bangunan ini adalah sebuah pura yang didirikan kerajaan Hindu di Aceh dan menjadi benteng pertahanan. Pura itu kemudian dihancurkan, ketika Islam berkembang.

Masjid ini memiliki atap yang berbentuk persegi dan mengerucut seperti piramida, Gaya atap mengerucut tersusun tiga ini diyakini sebagai perpaduan unsur Aceh dan budaya Hindu kuno sebagai corak bangunan masa lalu. [Abdul Jabar]/Tek

Baca Juga :

Makam Sultan Iskandar Muda di Samping Pendopo Bukanlah Sungguhan