Ads Header

Breaking News

"Sambai On Culut" Khas Resep Orang Tua Zaman Dulu

Foto : wasatha.com/Desi
MASYARAKAT Aceh memiliki berbagai macam kuliner khas yang sudah cukup dikenal masyarakat, Salah satunya sambai on culut. Tidak sembarang orang bisa meracik kuliner yang satu ini, dengan hasil cita rasa yang nikmat. 

Mereka yang berpengalaman tentu yang paling mahir dan biasanya yang mahir ialah mereka di kalangan orang tua. Resepnya pun merupakan resep turun-temurun dari tertua dahulu. Biasannya makanan ini sering dibuat oleh masyarakat Aceh yang tinggal di pedesaan.

Seperti yang kita tahu, lazimnya kata sambai atau sambal itu adalah makanan yang terdiri dari bahan-bahan cabe, tomat, bawang merah dan bawang putih yang dihaluskan lalu dimakan bersama dengan nasi dan lauk pauknya. Namun ada sebutan sambal lain di Aceh yang bahan utamanya dari dedaunan yaitu sambai on culut  yang  juga  merupakan salah satu khasanah kuliner Aceh. 

Kuliner ini sudah ada sejak dahulu di masyarakat Aceh dan sangat digemari sebagai salah satu  menu  makan siang di rumah-rumah pedesaan.
Sambai on culut bisa disebut sebagai jenis makanan vegetarian karena bahannya semua  berasal dari tumbuh-tumbuhan alam. Proses pembutannya pun tanpa perlu dimasak. Kata on culut yang melengkapi kata sambai merupakan nama daun yang menjadi bahan utama sambai ini. 

On culut atau daun culut adalah daun liar yang tumbuh di hutan-hutan yang hampir menyerupai daun sirih. Bentuknya sama persis seperti daun sirih, namun rasanya berbeda. Sejak dahulu daun ini tidak di budidaya secara khusus oleh masyarakat sehingga jika ada yang ingin mendapatkannya maka harus mencarinya ke hutan-hutan.

Selain bahan utamanya on culut, ada beberapa jenis dedaunan yang dijadikan bahan pelengkap sambai ini, yaitu daun jeruk, daun kopi, daun kunyit, dan daun pegagan. Semua jenis dedaunan ini dikumpukan dalam jumlah takaran yang disesuaikan menurut selera. Setelah dikumpulkan dan di cuci bersih dedaunan ini dirajang halus-halus seukuran mie hun.

Bahan yang digunakan  selain dedaunan juga ada bumbu pelengkapnya. Bumbu tersebut juga terbuat dari bahan-bahan alami yaitu kelapa muda parut, cabe rawit, kemiri, bawang merah, kunyit dan garam. Bahan-bahan ini lalu digiling dan di campurkan dengan dedaunan yang sudah dirajang halus-halus tadi. Setelah itu bisa langsung disantap tanpa perlu di masak.

Penikmat kuliner ini tidak hanya orang tua, kalangan remaja bahkan dewasa juga ikut menyantapnya, jika sudah mencoba anda pasti ketagihan. Selain Rasanya yang nikmat dan kita juga bisa mendapatkan berbagai manfaat setelah mengonsumsi dari sambai on culut.[Desi Haslina]/Dhi


Baca Juga :

Mie Aceh, Kuliner Bersejarah Menggugah Selera