Ads Header

Breaking News

Mudah, Murah, Dan Berkhasiat Bagi Kesehatan


Foto:Google

KESEJAHTERAAN manusia ditandai dengan terpenuhi kebutuhan dasar hidup yang meliputi kebutuhan akan pangan, sandang, papan, kesehatan, dan pendidikan. Kita menyadari dan mengetahui benar bahwa kemajuan dibidang kedokteran, pengobatan dan kesehatan sekarang ini sangatlah pesat dan canggih.  Namun kita tahu benar bahwa tidak selamanya obat- obat modern, alat kesehatan modern dan kecanggihan dunia kedokteran itu dapat dijangkau seluruh lapisan masyarakat.

Cukup banyak kisah yang dapat kita lihat dan kita dengar betapa banyak kesulitan yang dialami dalam mendapatkan layanan kesehatan di era modern ini . kesulitan ini terutama mengenai biaya yang cukup besar dan adanya efek samping dari penggunaan obat dan alat- alat kesehatan yang canggih. Penggunaan bahan alam sebagai obat cenderung mengalami peningkatan
dengan adanya isu back to nature dan krisis berkepanjangan yang mengakibatkan turunnya daya beli masyarakat terhadap obat- obat modern yang relatif mahal.

Tanaman obat banyak digunakan masyarakat menengah kebawah kerena memiliki beberapa keunggulan. Tanaman merupakan sumber bahan kimia yang memiliki sejuta manfaat termasuk untuk obat berbagai penyakit.

Aceh kaya dengan hasil alam dan berbagai tanaman yang memiliki khasiat obat- obatan. Ada 6 tanaman yang sangat mudah kita temukan dilingkungan kita dan memiliki manfaat yang luar biasa sekali untuk kesehatan kita. Tanaman apakah itu ,??

1.      Jeruk nipis
Jeruk nipis sudah dikenal lama sebagai salah satu tanaman yang memiliki banyak manfaat. Tanaman yang memiliki nama latin Citrus Aurantifolia  ini memilik rasa yang sedikit pahit dan asam. Pada umumnya masyarakat  aceh mengenal buah jeruk nipis sebagai bahan bumbu dapur yang berfungsi sebagai penyedap masakan. Kandungan yang terdapat dalam buah ini  adalah minyak terbang limonene dan linalol, selain itu terdapat flavonoid. Kandungan buah yang masak adalah sinefrine dan N-metiltiramin. Kandungan lain adalah asam sitrat, kalsium, fosfor besi, dan vitamin A, B1, dan vitamin C.

Khasiat jeruk nipis yaitu mengobati ambeien, amandel, anyang-anyangan, batuk, bau badan, batu ginjal, serta difteri.  Tanaman ini juga mapuh untuk menurunkan berat badan, radang tenggorokan, obat kurap, obat sakit gigi, serta mampu mneurunkan tekanan darah tinggi serta penghilang letih.

2.      Kacang hijau
Kacang hijau atau phaseolus radiatus merupakan jenis tanaman herba berkayu, hidup baik di dataran rendah. Batangnya kecil bercabang, daunnya tunggal, berbentuk bulat telur, dan berbulu pendek. Bunganya seperti kupu- kupu, berwarna putih ungu, tumbuh diketiak yang bergerombol putih panjang. Buah yang tua berwarna kuning kecoklatan atau hitam. Bijinya bulat lonjong mengilat berwarna hijau. Bijinya sangat dikenal sebagai bahan bubur kacang.

Biji kacang hijau ini mengandung asam folat, vitamin B1. Kacang hijau juga dilengkapi dengan riboflavin, B6, asam pantotent, niasin, potasium, fosfor, mangan, kalsium, magnesium dan lainnya. Kacang hijau brmanfaat mengobati disentri, mencegah anemia, membantu
pertumbuhan, mengatasi rambut rontok,  kacang hijau juga dapat mengatasi kolestrol, mengatasi kanker usus, melancarkan aliran darah, serta mengobati bisul.

3.      Kangkung
Kangkung atau Ipomoeea Aquatic merupakan tanaman yang tumbuh cepat dan memberikan hasil dalam waktu 4- 6 minggu sejak dari waktu benih. Biasa ditemukan ditemukan di dataran rendah hingga 100.m diatas permukaan laut. Daun tunggal berseling, bentuk lanset dengan tepi rata. Bunga berbentuk terompet berwarna putih unggu, bunganya bulat dan bijinya kecil.

Kangkung mnegandung vitamin A, B1, C, protein, kalsium, fosfor, dan zat besi. Kangkung bermanfaat sebagai antiracun dan antiradang. Juga bermanfaat sebagai peluruh kencing dan untuk menghentikan pendarahan, dan sedatif.

4.      Kedelai
Kedelai yang memiliki nama latin Glicine Soja merupakan tanaman herba berkayu yang hidup didataran rendah. Batangnya kecil bercabang, daunnya tunggal berbentuk bulat telur. Bunganya kupu- kupu putih ungu. Buah polong berambut halus hijau, kalau tua berwarna kuning kecoklatan. Kedelai sangat dikenal sebagai bahan tempe dan tahu. Kedelai kaya akan serat, protein nabati, lesitin dan vitamin A, B kompleks, vitamin E. Kandungan lainnya adalah kalsium fosfor, magnesium dan zat besi. Kedelai bermanfaat mengobati diabetes, sakit ginjal, rematik, mencegah kanker serta mencegah osteoporosis dan masih banyak lagi manfaat lainnya.

5.      Bunga kembang sepatu
Kembang sepatu atau hibiscus rosasinensis merupakan jenis tanaman semak berkayu yang cukup tinggi dengan cabang merata. Tanaman ini sering ditanam sebagai pagar atau tanaman hias dan jarang tumbuh liar. Daunnya tunggal berseling, bulat panjang ujung meruncing, dengan tepi bergerigi. Bunganya kacil atau besar. Bunga sari berkumpul berbentuk tabung.

Daun bunga dan akar kembang sepatu mengandung flavonoid. Disamping itu daunnya juga mengandung saponin dan polifenol. Akarnya mengandung tanin, saponin, skopoletin, cleomiscosin A, dan cleomiscosin C.

Kembang sepatu efektif digunakan sebagai obat demam pada anak- anak, obat batuk, radang saluran pernafasan dan juga ampuh sebagai obat demam malarian. Khasiat lainnya untuk  memperlancar haid, obat sariawan, dan mengatasi sambelit.

6.      Kopi
Nama latin Coffea Arabica banyak ditanam di daerah pegunungan sebagai tanaman perkebunan. Batang berupa pohon berkayu dan bercabang melebar, daun tunggal lanset, berseling lebar, tepi rata, permukaan atas hijau mengilat. Buahnya kecil bulat yang muda berwarna hijau yang matang berwarna merah. Kulit buahnya manis sangat disukai musang. Kopi dijadikan bubuk sebagai bahan minuman yang sangat terkenal. Kopi mengandung kafein, asam chioragen, pembangkit klor dan antioksidan.

Khasiat yang dapat diperoleh dengan minum kopi adalah menurunkan kolestrol tipe 2, Mengobati penyakit kanker, jantung, dan mencegah batu ginjal. Kopi juga mampu mencegah depresi, mengurangi resiko penyakit liver, mengurangi sakit kepala, mempertajam ingatan, dan meningkatkan metabolisme.


Itu dia beberapa tanaman yang sangat mudah kita dapatkan di sekeliliing kita dan bermanfaat bagi kesehatan. Tidak perlu mencari obat modern yang mahal, tetapi cukup menggunakan obat tanaman sekaligus murah juga cepat, mudah kita temukan.(Sri Rahyu/Eva)