Mau Pahala Berlipat Ganda? Ayo Sedekah !

Foto:Google

Sedekah merupakan hal yang tak terlepaskan dari setiap umat Islam. Dengan bersedekahlah kita bisa membersihkan daripada penyakit hati dan rasa ria.

Perkataan yang baik dan pemberian maaf lebih baik daripada sedekah yang diiringi dengan sesuatu yang menyakitkan perasaan di penerima. Allah SWT berfirman dalam Al-Quran,

“Perkataan yang baik dan pemberian maaf lebih daripada sedekah yang diiringi tindakan yang menyakiti. Allah Mahakaya, Maha Penyantun”. (Al-Baqarah:263)

Perumpamaan orang-orang yang menafkahkan harta mereka di jalan Allah SWT adalah seperti sebutir benih yang ditanam di tanah dan menumbuhkan 7 butir. Pada setiap bulir terdapat 100 benih. Allah SWT mengisyaratkan pahala dan ukuran balasan orang-orang yang menafkahkan harta mereka dengan hal tersebut. Pahala ini berlipat ganda hingga 700 kali lipat.

Akan tetapi tidak hanya terbatas sampai jumlah tersebut, jika Allah berkehendak, Allah akan melipatgandakannya sesuai kadar keikhlasan orang yang bersedekah tersebut. Kebaikan Allah SWT lebih luas dari sekedar melipatgandakan pahala tersebut.

Agama Islam merupakan agama yang menjaga kemuliaan setiap orang dengan sangat sempurna, selagi orang tersebut menjaga aturan-aturan dan etika-etika agama. Ajuran untuk bersedekah dan berinfak bukan berarti merendahkan orang miskin. Bahkan dalam sebuah hadist Rasulullah saw.bersabda,

“ Tidaklah orang yang memberi lantaran  punya harta itu lebih baik pahalanya daripada orang yang menerima lantaran membutuhkan”.


Diriwayatkan juga beliau pernah bersabda bahwa sedekah telah diterima oleh Allah terlebih dahulu sebelum diterima oleh orang miskin. Sebab, manfaat yang dirasakan oleh orang yang diberi sedekah hanya sebatas manfaat fisik semata, yaitu tidak lebih dari sekedar mengobati rasa lapar. Namun untuk orang  yang bersedekah, sedekah tersebut berguna bagi kebaikannya selama di dunia dan kelah di akhirat. (Eva Hazmaini)
Mau Pahala Berlipat Ganda? Ayo Sedekah ! Mau Pahala Berlipat Ganda? Ayo Sedekah ! Reviewed by WASATHA on Mei 15, 2017 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.