Iklan

Iklan

KWPSI Meugang Bersama Yatim dan Fakir

5/26/17, 11:36 WIB Last Updated 2017-05-28T16:48:53Z
FotoTokoh Pers Aceh yang juga Sekretaris Dewan Pembina KWPSI, H. Harun Keuchik Leumiek menyerahkan bantuan daging meugang secara simbolis kepada anak yatim dan fakir miskin di Desa Gla Meunasah Baro, Cot Iri, Kecamatan Krueng Barona Jaya, Aceh Besar, Kamis (25/5).

WASATHA.COM - Keluarga Besar Kaukus Wartawan Peduli Syariat Islam (KWPSI) Aceh, Kamis (25/5), menggelar acara meugang (punggahan) bersama dalam menyambut bulan suci Ramadhan 1438 H tahun ini.

Pada kesempatan tersebut, KWPSI juga turut membagikan 80 paket daging meugang kepada para anak yatim dan fakir miskin yang berasal dari sejumlah desa dan pesantren di wilayah Kota Banda Aceh dan Aceh Besar.

Tahun ini, panitia menyembelih 2 ekor lembu yang dibeli dari uang yang dikumpulkan (meuripee) para anggota, jamaah pengajian dan para donatur KWPSI lainnya.

Prosesi pembagian daging yang dirangkaikan dengan kenduri menu ‘kuah beulangong’ itu dipusatkan Gampong Gla Meunasah Baroe, Cot Iri, Kecamatan Krueng Barona Jaya, Aceh Besar.

Bantuan daging meugang itu diserahkan secara simbolis oleh Tokoh Pers Aceh yang juga Sekretaris Dewan Pembina KWPSI, H. Harun Keuchik Leumiek, Direktur Dana Jasa dan SDI Bank Aceh Syariah, Haizir Sulaiman, dan Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Aceh, Mulyadi Nurdin dan Wakil Ketua Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Aceh Muhammad Hamzah.

Turut hadir Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh, Tgk H Faisal Ali, Pimpinan Dayah Babul Maghfirah Cot Keu'eung Aceh Besar, Tgk. Masrul Aidi, Pimpinan Dayah Mini Rukoh, Tgk H Umar Rafsanjani, dan kalangan wartawan anggota KWPSI.

Harun Keuchik Leumiek dalam sambutannya mengharapkan agar kegiatan sosial meugang bersama yatim dan fakir miskin ini, dapat terus diadakan tiap tahun oleh KWPSI dengan menggalang dana dari berbagai pihak.

"Ini sangat baik untuk membantu meringankan beban dan membahagiakan anak yatim/fakir miskin saat meugang. Insya Allah, kita siap terus membantu untuk kegiatan baik seperti ini," kata Harun.

Koordinator KWPSI, Arif Ramdan mengatakan, untuk pem­belian dua ekor sapi ukuran besar, dananya dikumpul dari sumbangan anggota KWPSI, mitra, simpatisan, dan donatur lainnya.

“Tahun ini, panitia menyembelih dua ekor lembu yang dibeli dari uang yang dikumpulkan (meuripee) para anggota, jamaah pengajian, dan para donatur KWPSI, yang secara sukarela memberikan daging meugang kepada fakir miskin dan kaum duafa,” kata Arif Ramdan didampingi Sekjen KWPSI Muhammad Saman.

Mereka menyumbang lewat KWPSI untuk membahagiakan anak yatim, fakir miskin dan kaum duafa dalam rangka menyambut Ramadhan 1438 H. Selain daging, juga diberikan santunan uang.

Sekjen KWPSI, Muhammad Saman menyatakan, ini merupakan tahun kelima KWPSI melaksanakan tradisi mengumpulkan uang untuk meugang bersama wartawan KWPSI yang juga dibagikan sebagiannya untuk anak yatim dan fakir miskin, termasuk anak yatim kalangan wartawan.
Sebelumnya, kegiatan sosial dan amal ini juga berlangsung tahun 2013, 2014, 2015 dan 2016.



Ia mengatakan, selain menerima daging meugang, anak yatim dan fakir miskin yang hadir juga ikut serta makan “kuah beulangong” bersama tamu undangan di acara tersebut.

Meugang kali ini, menurutnya, cukup meriah dan jumlah peserta meugang plus sedekah terus meningkat. “Alhamdulillah responsnya terus membesar, banyak yang berpartisipasi. Se­moga ini tetap menjadi agenda rutin sekaligus melestarikan khazanah budaya dalam masyarakat Aceh menjelang Ramadhan,” katanya.

Pihaknya juga mengucapkan terima kasih kepada rekan-rekan KWPSI, simpatisan, dan para donatur karena telah menyumbang sedikit rezekinya untuk menyantuni anak yatim dan fakir miskin.

"Semoga sumbangan yang disalurkan ini menjadi amal ibadah. Mari kita semua menyambut bulan suci Ramadhan dengan hati tenang dan senang untuk memperbanyak amal," jelas Muhammad Saman./Dhi


Baca Juga :

Jelang Ramadhan, Pedagang Sediakan Harga Daging Bervariasi

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • KWPSI Meugang Bersama Yatim dan Fakir

Terkini

Topik Populer

Iklan