Ads Header

Breaking News

8 Tips yang Perlu Dipersiapkan Anak Kost Jelang Ramadhan

Foto : Google
TIDAK terasa, bulan Ramadhan sudah tinggal menghitung hari. Segala persiapan pun mulai di lakukan oleh sebagian orang seperti membersihkan tempat ibadah, fisik, mental hingga menyiapkan stock makanan yang akan di konsumsi pada bulan ramadhan nanti. Bagi mereka yang menghabiskan waktu ramadhan dirumah, ini merupakan moment romantis  bersama keluarga yang sangat ditunggu-tunggu. Maka dari itu tak jarang hampir seluruh umat muslim menyiapkan segala keperluan untuk bulan istimewa ini.

Saat bersama keluarga mungkin sebagian orang tidak terlalu pusing dalam persiapan. Namun bagaimana dengan kamu  yang di perantauan dan berada jauh dari orang tua?

Tidak boleh patah semangat ya? Anda juga perlu mempersiapkan segala sesuatu untuk menyambut bulan yang berkah ini, walau seluruhnya harus di persiapkan sendirian.

Berikut adalah beberapa tips yang harus dipersiapkan oleh anak kost/ rantau menjelang Ramadhan.

Pertama, Kontrol kalender

Kontrol kalender itu penting loh, kenapa ? Kamu juga harus bisa memperhitungkan, seberapa lama kamu akan menghabiskan waktu ramadhan di daerah orang dan prediksi untuk pulang kampung nanti.

Kontrol ini dapat membuat kamu bijak mengatur dan memperkirakan apa-apa saja yang dapat kamu lakukan dan persiapkan secara matang di bulan ramadhan nanti. Dan yang paling terpenting kontrol kalender dapat mengontrol dan  memprediksi berapa pengeluaran yang harus kamu gunakan.

Kedua, Survey Masjid

Ini penting banget loh! selain untuk jadi referensi tempat  kamu beribadah seperti sholat berjamaah , terawih dan lainnya.

Kamu bisa cari tau mana yang menyediakan menu buka puasa gratis. Sembari meningkatkan sosial ini bisa mengurangi biaya pengeluaran kamu loh. Tetapi tetap saja, ini bukan semata-mata untuk takjil gratis. Anda harus punya niat ibadah, biar gak sia-sia. Satu hal lagi cari masjid terdekat supaya dapat irit pengeluaran transportasi. Hitung-hitung kita bersosialisasi dengan warga Setempat

Ketiga, Minta Kirim Masakan Mamak Dari Kampung

Ini juga penting. Selain sebagai persiapan, masakan Emak bisa menambah nafsu makan sahur dan berbuka kamu. Usahakan masakan mamak yang bisa tahan lama seperti rendang, dan paling sederhana adalah sambal-sambal kering yang akan tetap enak walau gak harus di panasin.

Keempat, Menstock Makanan

Selain memperoleh kiriman dari kampung, Kamu bisa banget menyetok makanan yang super awet dan pastinya mengenyangkan perut. Stock makanan ini akan berguna disaat kamu telat bangun sahur. Selain itu, hal ini juga akan melegakan dikala uang mu sedang menipis. Diantara yang bisa kita stock antara lain : Abon, mie instan ( jangan terlalu sering ya), sarden hingga roti dan snack yang kaya akan karbohidrat.

Dikarenakan makanan diatas cukup banyak jenis dan mereknya. Kamu juga harus jeli terhadap kualitas dan harganya ya.

Kelima, Alarm

Waktu sahur terkadang menjadi hal yang terberat bagi anak kost. Sering kali waktu sahur bisa telat dan terlewatkan.

Tipsnya adalah jangan menggunakan nada Alarm melodi. Karena bukannya membangunkan, malah buat kamu semakin nyenyak tidur. Pilihlah nada yang keras membuat kaget.

Tips selanjutnya : setel Alarm 2 waktu. Misal jam 3.00 dan 3.15. Jadi, ketika alarm pertama tidak mempan untuk mu, masih ada waktu selanjutnya yang kembali membangunkanmu.

Keenam, Kuota Internet

Persediaan kuota internet sangat membantu sekali untuk mengisi aktifitas kamu pada bulan ramadhan.

Kamu bisa mengisi aplikasi pengingat waktu solat, jadwal imsakiyah, aplikasi Quran digital hingga menonton ceramah agama dengan streaming.

Ketujuh, List Agenda Bukber (Buka Bareng) Dengan Teman

Bukber dengan teman-teman itu penting loh,  bagi kamu yang sedang rindu waktu berbuka dengan keluarga. Teman-teman mu bisa jadi pengganti keluarga mu dirumah.

Delapan, Persiapkan Fisik dan Mental


Ini adalah puncak dari segala persiapan, seberapapun maksimal persiapan kamu yang lainnya, jika fisik dan mental tidak mendukung, maka semuanya akan nihil. Seringlah berolahraga ringan untuk memperkuat fisik anda dan lakukan aktivitas positif yang banyak. Seperti kajian ramadhan dan tadarus bersama paling tidak itu dapat melupakan sejenak tekanan mental anda yang sedang rindu suasana ramadhan bersama keluarga dirumah.[Rahmah Atikah]/Dhi


Baca Juga :

Jelang Ramadhan, Mesjid UIN Ar-Raniry Direnovasi